MARI KITA TELADANI IBU KITA KARTINI DALAM BUDI PEKERTI DAN SEMANGAT BELIAU DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN WANITA DI INDONESIA.
Sabtu, 20 April 2024
Untitled Document
Artikel
  7 posting
Melongok SD Kartini Blora
Prestasi Segudang, Sekolah Layaknya Gudang

Siswa pintar dan mandiri tidak selalu dihasilkan oleh sekolah yang fasilitasnya lengkap. Sebab, dengan fasilitas seadanya, justru mampu menelurkan siswa-siswa berprestasi. Itulah yang dilakukan SD Kartini.

SRI WIYONO,Blora

---

Siang kemarin, suasana sebuah sekolah di Jalan DR Sutomo 14 Blora masih ramai. Sejumlah motor masih parkir di pinggir jalan depan sekolah. Anak-anak berseragam merah putih juga masih berlalu lalang di halaman depan sekolah yang tak luas. Masuk ke dalam suasan sumpek makin terlihat. Tumpukan buku ada di mana-mana. Di emper kelas, di atas pondasi bangunan, di lorong-lorong antaruang, juga di tempat-tempat yang sekiranya aman dari hujan dan panas.

Ketika koran ini melongok ke sebuah kelas, kontan seluruh anak di dalam kelas itu mendadak berdiri dan menghentikan aktivitasnya menulis. ''Selamat siang Pak,'' kata anak-anak itu serempak, dengan posisi berdiri tegak kemudian sedikit membungkuk.

Rasa kaget itu, belum reda, masih ditambah kejutan lainnya, ketika setiap anak yang lewat di depan koran ini, dengan sopan mengucapkan salam ''Selamat siang''.

Nampaknya anak-anak ini memang terbiasan dengan sopan santun yang demikian kental.

Kaki terus melangkah. Hingga tiba di bagian lain sekolah yang menyuguhkan pemandangan timba-timba plastik dengan tulisan mata pelajaran banyak berjejer. Jika disebut sekolah, tapi tak ada satupun lemari atau kotak arsip. Dan timba-timba itulah lemari dan kotak arsipnya. Yang disebut perpustakaan pun hanya susunan kayu sederhana yang ditutupi plastik agar buku-bukunya tidak berdebu karena memang di tempat terbuka. Ruangan kelas yang ada pun harus sesak dengan anak-anak yang sedang belajar. Bahkan ada yang dua kelas menempati satu ruangan tanpa sekat.

Bangku dan fasilitas sekolah lainnya, sangat sederhana, jika tidak disebut kurang layak. Tidak ada struktur organisasi, tidak ada papan data. Karena semua data itu diketik dengan komputer kemudian dilapisi plastik da ditempel di papan-papan tempel sederhana. Juga fasilitas lain yang sangat sedergana. Bahkan Kepala Sekolah dan gurunya pun sangat sederhana. Begitulah gambaran kecil kondisi SD Kartini. Sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kartini ini memang sangat sederhana, jika sungkan menyebut sangat memprihatinkan. Kondisi sekolah itu layaknya gudang tempat penyimpanan barang. Namun, prestasi benar-benar segudang. ''Prestasi dan mutu pendidikann SD Kartini memang sudh terkenal. Karena itu, kami tidak ragu menyekolahkan anak saya di sini,'' ujar Agus Santoso salah seorang wali murid.

Menurut Rahayu Sunarti, sang Kepala Sekolah, sekolah itu semula memang sekolah yang dibuka oleh keluarganya pada 1952. Saat awal dibuka hanya ada tiga murid. Dua tahun kemudian, pada 1954 didirikan TK dan SD Kartini yang berdiri satu atap, yakni menempati rumah keluarga Rahayu. Karena pemilik dan yang bersekolah di SD Kartini ini adalah anak-anak keturunan Tionghoa, maka sekolah itu dikenal sebagai sekolahnya orang Tionghoa. Namun, lambat laun sekolah itu menjadi besar dan banyak warga lain yang bergabung.''Bahkan sekarang 70 persen dari 427 siswa mulai dari playgorup sampao SD adalag muslim.

Bagaiman Rahayu bisa mengelola sekolah dengan kondisi seadanya itu. Padahal siswanya dikenal sebagai siswa-siswa yang cerdas. Rahayu dibantu oleh 16 guru tetap dan 10 guru ekstra. Sekolah ini menerapkan full day school, yakni sekolah pagi jam 07.00 sampai jam 17.00 sore, bagi siswanya mulai kelas 3. Hasilnya memang luar biasa. Sudah banyak prestasi yang dihasilkan. ''Kami menggabungkan akademik dan pelajaran tambahan,'' kata Rahayu.

Di antara prestasi yang pernah diraih adalah juara tiga sempoa internasional di Malaysia pada 2007. di tahun yang sama juga juara sempoa tingkat nasional di Bali dan Semarang. Selain itu Wushu juara dua dalam kejurda di Jogjakarta pada 2008 dan 2009. dan lainya. Kegiatan ekstra di antaranya adalah seni musik, band SD, basket, catur, renang, tari, karawitan, seni lukis, wushu juga sempoa. Prestasi akademik sudah tak terhitung lagi yang paling akhir adalah nilai tertinggi pelajaran IPA SD yakni 10. ''Di kabupaten Blora hanya satu yang nilai IPA nya utuh, kebetulan diraih siswa kami,'' tuturnya.

Menilik prestasinnya sedemikian moncer, barangkali sulit dipercaya jika dihasilkan dengan sekolah yang ala kadarnya itu. Karena itu, banyak orang tua siswa yang tergabung dalam komite sekolah terenyuh. Mereka ingin membantu, namun, sang kepala sekolah tidak berkenan. ''Alasanya, mencari hidup saat ini saja sudah sulit, kok sekolah ingin membebani lagi,'' kata Susanto, salah seorang wali murid lainnya.

Apakah tidak pernah meminta bantuan pemerintah ? Lagi-lagi kata Susanto, Rahayu tidak mau. Pelajaran budi pekerti, sopan santun dan disiplin yang diberikan, benar-benar dia pakai. Jika menerima bantuan Rahayu takut tetek bengek birokrasi yang biasanya menyertai. ''Dia bilang, sebagai pendidik dia ingin mendidik dengan benar. Tidak mau mengajari anak didiknya sesuatu yang salah,'' tambahnya.

Bukanah ada dana alokasi khusus (DAK) untuk pendidikan ? Semula sekolah ini mempunyai kendala. Sebab, untuk bisa dibantuk DAK sekolah harus mempunyai tanah sendiri, karena DAK hanya bersifat rehab atau membangun kelas. Sementara SD Kartini saat itu belum punya tanah. Sebab, tanah yang ditempati masih milik pribadi Rahayu. Namun, tanah itu sudah dihibahkan kepada yayasan Pendidikan Kartini. Sehingag secara hukum sekolah itu sudah bisa menerima dana DAK. ''Kami akan berusaha membantu sekolah ini. Karena sudah tidak ada lagi hambatan untuk menerima DAK,'' ujar Reinhard L, ketua Komite Sekolah SD Kartini ketika dimintai komentarnya.

Tokoh lain yang juga mendukung agar SD Kartini dibantu pemerintah adalah Mawardi Jamil ketua Forum Komunikasi Masyarakat Blora (FKMB) yang getol pada kegiatan sosial. Mawardi dan pengurus lainnya, mengaku akan berusaha melobi pemerintah agar sekolah itu mendapat prioritas untuk menerima DAK. Dari segi kualitas pendidikan, jumlah siswa dan prestasi, kata dia, sekolah ini tidak kalah, bahkan bisa mengungguli sekolah negeri favorit di Blora.''Tapi kondisinya sangat memprihatinkan. Ini di dalam kota lho Mas, dekat dengan rumah bupati lagi. Kenapa tidak ada perhatian,'' tanyanya.

Sumber : Radar Bojonegoro 13 Agustus 2009
Admin SD Kartini Blora - 2011-07-20
Halaman << < 1 2 3
Untitled Document
Komentar, Saran, atau Pertanyaan anda
19 posting   Selengkapnya   Isi Komentar
  ria Tri Widyastuti :
 
Semoga selalu sukses mendidik anak,dan anak saya baru masuk tk kartini tahun ajaran baru...
ria.tw93@gmail.com ria.tw93@gmail.com
2018-03-15
  Terima kasih bu Ria Tri Widyastuti. Kami Para Guru berusaha semaksimal mungkin mendidik anak anak.  
Admin SD Kartini Blora  

  ria Tri Widyastuti :
 
Semoga selalu sukses mendidik anak,dan anak saya baru masuk tk kartini tahun ajaran baru...
ria.tw93@gmail.com ria.tw93@gmail.com
2018-03-15
  Amin,,, terima kasih Ibu.  
Admin SD Kartini Blora  

  maria :
 
hallo.. boleh saya minta daftar anak2 tahun 1999-2002 yang pernah memenangkan kejuaraan semphoa.?? dulu saya pernah sklh TK/SD kartini.. tapi saya harus pindah kota ke jogja.. jadi saya kehilangan kontak dengan teman2 saya.. mungkin admin bisa bantu saya utk mendapatkan informasinya..
mariairjana@gmail.com mariairjana@gmail.com
2016-06-25
  Mohon maaf, ibu,,,arsip sudah tertumpuk. file di komputer belum ada.  
Admin SD Kartini Blora  

Untitled Document


Artikel
  7 posting
RAHAYU SINARTI
2022-02-11

LATRI PURNAMA SARI, S.Pd.
2022-02-11


Buku Tamu
Isi Buku Tamu
Nursyamsu Bahar : Apakah ada piala lain yang diterima pada tahun 2015-2016?
baharnus@yahoo.co.uk   2016-09-12

evi indah s. a. : Assalamualaikum, sy alumni sd kartini 96. terimakasih untuk bu rahayu & guru2 semuanya atas didikannya. untuk kedisiplinan, kejujuran yg beliau tanamkan sejak dini. semoga bu rahayu panjang umur & maju terus sd kartini.
evi.indah85@gmail.com   2014-12-12

eko : Sd kartini maju trus
setiawan.eko16@ ymail.com   2013-09-19

layerspeed web hosting : Semoga semakin sukses SD Kartini Blora. dan menghasilkan siswa kreatif dan pintar.
layerspeed@rocketmail.com   2013-04-11

djunaedi : Pemberitahuan bahwa blog Bapak/Ibu telah kami daftarkan sebagai peserta Festival E-Pendidikan yang diselenggarakan oleh PUSTEKKOM KEMDIKNAS. Untuk informasi lebih lanjut Bapak/Ibu bisa mengakses website kami di http://jardiknas.kemdiknas.go.id/e-pendidikan/
edycodiel@gmail.com   2010-09-02

Selengkapnya
Untitled Document
Pencarian

Informasi

Gallery
DAFTAR HASIL PEMENANG LOMBA TUBAN
2024-03-30

Lomba Sempoa Tuban
2024-03-30

Pendidikan dan Pelatihan bagi Siswa-siswi Kelas 4 s.d 6 SD Kartini
2023-11-13

Pendidikan dan Pelatihan Guru dan Karyawan PG/TK/SD Kartini Blora
2023-11-13


Anda Pengunjung ke : 1263
IP Anda : 3.238.235.248
Browser Anda : CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)
1 user sedang online.
SdKartiniBlora.com | Copyright © 2010 - 2024 All rights reserved | developed by SD Kartini Blora